TDA8954 Subwoofer Amplifier

 Halo teman teman pada video kali ini saya akan merakit power amplifier TDA8954TH  yang sudah dilengkapi dengan filter subwoofer dan bass boost nya. berikut skema dari rangkaian power amplifier TDA8954TH. rangkaian amplifiernya cukup simpel dan tidak banyak memerlukan komponen eksternal. saya juga menambahkan rangkaian filter subwoofer yang menggunakan IC op-amp dual bisa menggunakan IC NE5532, 4558 dan lain2. Supply opamp nya juga sudah saya tambahkan, tereregulasi menggunakan transistor BD139 dan BD140 yang bisa diatur tegangan regulasinya dengan mengubah nilai diode zener ini. Kemudian juga saya tambahkan fitur mute dan on/off atau standby. nanti cara kerjanya akan saya jelaskan pas ngetes amplinya.

Dan berikut pcb layout sudah saya desain, menggunakan doble layer, dan komponen2 kecuali IC TDAnya menggunakan komponen non SMD. jadi lebih memudahkan teman2 jika ingin membuat power amplifier ini.  PCB layout ini bisa didownload di link yang sudah saya masukkan di deskripsi. Dan untuk cara mendapatkan PCBnya teman2 bisa langsung order PCB nya di JLCPCB dengan menggunakan file gerber yang sudah didownload. Berikut cara untuk order PCB di JLCPCB.com.

PCB sudah saya dapatkan, sya beli dari JLCPCB.com, PCB nya sangat berkualitas, pengiriman yang cepat, dan cukup murah harganya, karena PCB ini saya didesain dengan ukuran dibawah 10cx10cm. Langsung saja kita rakit, pertama kali yang disolder adalah IC tda8954nya. supaya lebih mudah karena IC saya letakkan dibawah komponen non SMDnya. Untuk mengetahui letak pin 1 IC, terdapat bulatan coak dibagian sisi ini. Ini mendakan urutan pin yang pertama atau pin 1. Kemudian letakkan IC sesuai urutan pin 1. 

Untuk memudahkan penyolderan gunakan timah berdiameter kecil. saya menggunakan timah dengan ukuran diamater 0.3mm dan menggunakan solder besi. Ujung atau mata solder bisa menggunakan model ini atau model lancip. Solder 1 kaki dahulu. baru digeser2 supaya   kaki ic pas dengan pad yang di pcb. baru kemudian solder kesluruhan kaki IC.

untuk memperbaiki solderan yang tergabung seperti ini, guankan solder pasta kemudian oleskan ke kaki ic yang solderannya gabung. kemudian solder dengan cara menariknya keluar agar timah bisa tertarik oleh solder. 

kemudian bersihkan bekas solderan menggunakan thisner atau cairan pembersih lainnya. 

Setelah itu kita rakit komponen non SMDnya, berikut ini komponennya ada resistor diode kapasitor, frite core dll.

Pasang sesuai label yang ada di pcb. daftar komponennya juga bisa anda download di link yang ada dideskripsi. Untuk memudahkan penyolderan ini saya solasi dahulu, dan kaki komponen sudah saya potong, baru kita solder.

Untuk 4 diode ini bisa menggunakan diode uf4007 atau diode ultrafast 1-2A, tapi saya menggunakan versi SMD diode ultrafast ES2D, sama juga sebanyak 4 buah., 

Untuk induktor nya menggunakan core t80-2 micrometal dengan nila permeabilitasnya 5.5 dengan toleransi kurang lebih 5%. untuk diameter kawatnya berukuran 0.8mm. yang dililit sebanyak 60 lilit. bisa dililit secara 2 tahap. sab 1 30 lilit kedua 30 lililt. nilai induktasi nya sekitar 22uH, sesuai dengan datasheet IC nilai induktor untuk amplifier ini. Untuk kapasitor LPF nya saya menggunakan kapasitor mylar dengan nilai 680nF 450V. 

heatsink amplifiernya cukup kecil seukuran dengan PCBnya, dengan tebal 5mm. dan untuk bagian tengahnya saya tmbahkan plat alumunium dengan tebal 2mm. agar panas ICnya bisa tersalurkan ke heatsink. Karena saya menggunakan spacer PCB 5mm. gunakan lem pasta heatsink untuk menempelkan plat ke heatsink utama. kemudian tunggu hingga kering. baru pasang amplifiernya ke heatsink.  Baut pcb seluruh lubang ke heatsink yang sudah tersedia. 

Selanjutnya pasang op-amp nya, ini saya menggunakan op-amp MC33078 smd yang saya konvert ke DIP. nah sudah selesai selanjutnya video untuk pengetesan.


Download:

Schematic TDA8954 + Subwoofer Filter Amplifier

Partlist TDA8954 + Subwoofer Filter Amplifier

Gerber PCB Layout TDA8954 + Subwoofer Filter


Comments