Project Amplifier CLass-D D2K Fullbridge full fitur part1



Halo teman teman pada postingan kali ini saya akan membuat proyek Class-D Fullbirdge D2K rancangan Bapak Kartino S. yang akan saya desain PCBnya menggunakan komponen SMD, tapi tidak semuanya menggunakan komponen SMD, beberapa komponen ada yang masih menggunakan komponen throughole atau DIP. Yuk kita simak skema dari power amplifier Class-D D2K Fullbridge berikut ini.

Berikut rangkaian input balance yang menggunakan IC dual op-amp saya menggunakan MC33078 low noise op-amp. Kemudian comparator menggunkan IC TL071, Level shifter menggunakan Transistor 2n5401.  Untuk ic logicnya menggunakan CD4049, kemudian Driver mosfet menggunakan IC IR2110, untuk totempole nya saya menggunakan Transistor BD139.140. untuk mosfet dan rangkaian Low Pass filternya seperti ini.  nanti akan saya jelaskan lebih ditail setelah  PCB ada dan mulai dirakit.

Untuk fitur2nya, saya menambahkan DC Proteksi, yang berfungsi memutus relay speaker jika output keluar DC Lebih dari 3V.
kemudian ada indikator sinyal, clip, protek, dan On. Ini juga saya tambahkan OCP atau Over Current Protection, berfungsi untuk mematikan sinyal PWM dan memutus relay speaker jika terjadi beban berlebih. dan OCP saya buat fixed.

Dan tak kalah penting lagi saya juga menambahkan Limiter LED+LDR yang sensornya dari sinyal clip keluaran amplifiernya sendiri, jadi rangkaain ini berfungsi mengerem keluaran seblum terjadi klip. Jadi membuat amplifier ini akan jadi jarang klip bahkan tidak sama sekali, tergantung setingan yang dimau. Karena limiter ini   ada setingannya, maka bisa diset keluaran maksimal sesuai keinginan, misal hanya ingin keluar 100W RMS pun bisa. Untuk cara setingnya nanti akan saya jelaskan di lain video.

PCB layoutnya ini sudah saya desain sebelumnya ya, oh iya ini saya menggunakan aplikasi easyeda.com,  jika teman teman ingin coba proyek ini saya akan share linknya dibawah.

Ini adalah top layer atau tampak atas pada desain easyeda, tetapi untuk kenyataannya ini malah tampak bawah, jadi komponen SMD berada dibawah semua dan komponen througholenya berada diatas.
 Dimensi pcb ini 10x18,6 cm. cukup mini untuk seukuran amplifier class-d fullbridge. dimensi mini karena mnggunakan beberapa komponen SMD, saya pilih komponen SMD di bagian tertentu, bagian yang mana komponen hanya dilalui arus kecil dan yang throughole untuk arus dan disisipasi daya yang besar ,sehingga amplifier bisa bekerja semaksimal mungkin.

Mungkin sebagian dari teman2 akan minder dahulu untuk menyolder komponen SMD, karena komponen kecil dan pastinya lebih susah menyoldernya ketimbang komponen DIP atau throughole. Maka jangan khawatir disini saya juga akan berbagi tips bagaimana cara membeli PCB sekalian komponen SMD nya disolderkan sekalian yaitu dengan menggunakan jasa SMT Assembly, jasa cetak dan SMT Assembly yang saya gunakan yaitu di JLCPCB,com, selain cepat dan komponen bisa langsung kita pilih, harga juga cukup terjangkau, kita bisa menghemat waktu dan tenaga untuk menyolder komponen SMD. Berikut cara order PCB dan SMT Assembly JLCPCB.

Pertama-tama siapkan 3 file, yaitu Gerber PCB atau PCB Layoutnya, BoM atau daftar komponennya, mulai dari ukuran paket, nilai, komponen dan juga label komponen di PCB misal resistor R1 R2 dan seterusnya. Kemudian File CPL, file CPL ini yang menentukan letak komponen di PCB, mulai dari dimana letaknya, ukurannya dan juga angle atau sudut pemasangannya.

Setelah ketiga file tersebut sudah disiapkan, kunjungi situs JLCPCB.com, login ke akun anda, jika belum punya akun maka buat dahulu.

Kemudian klik quote now, pilih file Gerber Layout yang ingin dicetak, ini adalah file gerber D2K Fullbridge SMD saya. maka akan tampil layout seperti ini.
Kemudian pilih opsi PCBnya, untuk jasa SMT Assembly hanya bisa menggunakan Opsi warna hijau, jumlah maksimal 50 biji, ketebalan jalur 1oz, ketebalan pcb 1-1.6mm, jumlah layer maksimal 4layer, finshing HASL, minimal dimensi 2x2cm. Selain itu anda tidak bisa order SMT Assembly.

Setelah oke, pilih layer yang akan disolder komponenya, ini yang saya pakai di toplayer.

Pilih SMT Quantity atau banyak nya, jika pilih 2 maka sisanya hanya dikirim pcb tanpa komponen tersolder. kemudian klik confirm.

Upload file BoM atau daftar komponen dan juga file CPL yang sudah disiapkan. kemudian klik Next.

Maka akan tampil daftar seperti ini, pilih komponen mana saja yang anda ingin disolder, status confirmed berarti komponen akan dipasang.
Jika yang ingin anda solderkan namun statusnya tidak bisa dibuat konfirmed, biasanya Library komponen dari JLC tidak menemukan komponen yang anda pilih, atau stoknya kosong, atau juga melebihi batas extended komponen, jadi anda harus mencari lagi komponen nya dengan menggunakan fitur search ini.

Kalau masih tidak bisa, anda harus mengorbankan komponen lain yang dirasa bisa untuk disolder manual. Seperti ini yang confirmed kita korbankan dan kita pilih yang ingin atau yang utma kita solderkan.

Sama juga untuk status Not part selected, berarti komponen harus dicari manual dahulu kemudian kita pilih komponennya sesuai keinginan.

Setelah semua dirasa oke, lanjut klik next,

Maka akan tampil preview layout nya beserta komponen yang sudah diletakkan di PCB, komponen2 inilah yang nantinya akan disolderkan.

Apabila anda menemukan komponen yang penempatannya ngawur tidak sesuai pcb kita, jangan khawatir, ini nanti akan otomatis dibenahin oleh sistem dari JLCPCB, sesuai layout yang kita gambar.

Dan ini adalah tabel komponen2 yang kita pilih, jadi bisa kita pantau dahulu sudah benar atau tidak, dan juga pada komponen yang tidak kita pilih. Tabel komponen yang tidak kita pilih ini bisa kita unduh dengan format XLS yang bisa kita buka di excel.


Dan ini adalah pembayaran untuk PCB dan SMT Assemblynya untuk ongkirnya belum termasuk ya.
Untuk membayar langsung saja klik save to cart lanjutkan ke step berikutnya, untuk pembayarannya bisa menggunakan Paypal atau kartu kredit.

Dan berikut ini  contoh PCB dan jasa Penyolderan komponen SMD dari JLCPCB, komponen tersolder sangat rapi dan presisi, komposisi timah juga pas, dan juga tersolder sangat kuat. Ini cukup menghemat waktu dan tenaga jika menyolder komponen smd.

Dan untuk perakitannya akan saya post di video selanjutnya.

Terimakasih sudah menonton video saya, bagi yang belum subscribe jangan lupa klik tombol merahnya, dan juga jempol keatas jika kalian suka dengan video ini. Sampai jumpa divideo berikutnnya.

Tulisan diatas bisa disimak videonya langsung: D2K FULLBRIDGE SMD PROJECT + TUTORIAL SMT ASSEMBLY JLCPCB

Comments